Ternyata Kulit Jeruk Banyak Manfaatnya


Bahwa jeruk mengandung banyak vitamin C, semua orang tahu. Memakan jeruk dan membuang kulitnya, rasanya semua orang pun melakukannya. Tahukah kamu, ternyata kulit jeruk pun bisa mengatasi berbagai masalah pada tubuh, seperti:


  

Masalah Suhu Tubuh 

Mengatasi kedinginan.
Rebus beberapa kulit jeruk dan jahe segar di dalam air untuk kurang lebih 15 sampai 20 menit, tambahkan gula merah, dan minumlah seperti teh.

Mencegah frostbite
Bakarlah beberapa kulit jeruk dan giling sampai menjadi bubuk, campurkan dengan minyak sayur dan oleskan ke daerah yang bengkak karena cuaca dingin tersebut.


Masalah Mulut

Menghilangkan bau mulut. 

Mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang segar dapat menghilangkan bau mulut. Saat ini di beberapa toko sudah dijual penganan berbahan baku kulit jeruk.

Mengobati sakit geraham.
Taruhlah sepotong kecil kulit jeruk yang segar ke dalam mulut selama 10 menit sebelum tidur.


Merawat dan mengobati gigi yang sensitif.
Taruhlah kulit ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelasnya selama 5 sampai 10 menit kemudian minumlah.

Masalah Saluran Pernapasan

Mengobati batuk.
Taruhlah 5 gram kulit jeruk kering kedalam 2 gelas air dan rebus selama 10 sampai 15 menit kemudian tambahkan beberapa jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.

Mengobati bronchitis kronis.
Taruhlah 5 sampai 15 gram kulit jeruk kedalam sebuah gelas, tambahkan air yang mendidih untuk membuat segelas "teh kulit jeruk". Minumlah sesering mungkin .
 
Mencegah sesak napas.
Tambahkan air mendidih ke dalam gelas yang berisi kulit jeruk segar, tutuplah selama 10 menit dan tambahkan gula sebelum kamu meminumnya. Cara ini dapat menghentikan rasa sesak di dada dan radang tenggorokan.

Menghilangkan dahak di dalam paru paru.
Rendamlah sepotong kulit jeruk ke dalam wine putih untuk kurang lebih 20 hari dan minumlah, semakin lama direndam, hasilnya akan semakin baik.


Masalah Pencernaan

Mengobati sembelit
Rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air untuk 10 sampai 15 menit. Minumlah 2 kali sehari untuk mencegah sembelit (susah buang air besar).
 

Mengobati mual dan kembung
Rendam 50 gram kulit jeruk dengan white wine (anggur putih) kurang lebih selama 20 hari. Cara ini sangat baik buat pencernaan, serta meredakan rasa pusing dan ingin muntah.

Mengembalikan nafsu makan yang kurang.
Yang satu ini patut dicoba. Ambillah kulit jeruk yang segar dan jemurlah sampai kering. Campurkan kulit jeruk itu dengan daun teh. Ramuan "teh kulit jeruk" ini berguna untuk mengembalikan nafsu makan kamu yang hilang.

Masalah Kecantikan

Kulit jeruk mampu menyerap minyak berlebih dari kulit sehingga mengurangi kilapan wajah akibat minyak yang berlebih. Selain itu, ternyata kulit jeruk juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kering dari permukaan wajah sehingga membuat wajah lebih bersih dan cerah.
 
Caranya dengan memnggunakan masker kulit jeruk yang bisa dibuat sendiri. Kupas kulit jeruk, biarkan hingga mengering dan mengeras. Setelah mengeras, blender kulit jeruk hingga hancur kemudian campurkan dengan susu secukupnya (rasio 50:50) hingga menjadi pasta.

Bersihkan wajah dengan air, keringkan, kemudian barulah aplikasikan masker kulit jeruk tersebut keseluruh wajah dan diamkan selama 30 menit hingga mengering. Bilas wajah dengan air, namun pastikan tidak menggosok wajah terlalu keras karena bisa merusak kulit.

Manfaat Lainnya...

Mengobati mastitis. 

Mastitis yaitu rasa bengkak pada payudara saat produksi ASI berlebih. Rasa sakit ini bisa diatasi dengan merebus 30 gram kulit jeruk yang segar dan 6 gram licorice (akar manis) dengan air. Minumlah dua kali sehari.

Mengobati alergi.

Kulit jeruk bisa juga dipakai untuk menghilangkan gejala alergi setelah memakan ikan dan kepiting. Rebuslah beberapa potong kulit jeruk segar dengan air dan minumlah.


Mengobati hangover.
Hangover adalah perasaan sakit kepala pada waktu bangun pagi setelah terlalu banyak minum minuman keras. Mengatasianya dengan cara merebus 30 gram kulit jeruk segar dengan air untuk 15 sampai 20 menit, tambahkan sedikit garam dan minumlah.

Mencegah mabuk perjalanan.
Satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung dan hiruplah aroma jeruk di kulitnya. Selama dalam perjalanan, teruslah menghirup kulit jeruk itu untuk mencegah mabuk perjalanan.