48 Kategori di Ajang AMI Awards


Ajang Anugerah Musik Indonesia ke-14 diselenggarakan tanggal 6 Juli mendatang. Sejumlah musisi dan penyanyi di tanah air akan bersaing ketat meraih piala dalam ajang ini.

"AMI Awards akan diselenggarakan dengan transparan, kredibel dan profesional," kata Ketua AMI Awards 2011, Tantowi Yahya saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Juni 2011. Ajang ini, lanjutnya, diwarnai dengan keprihatinan semakin mengecilnya penjualan fisik seperti CD dan kaset di pasaran, sebab pangsanya kian mengecil.

Meski berlangsung di tengah keprihatinan itu, Tantowi menegaskan bahwa para musisi akan tetap semangat. Dalam ajang tahun ini, terdapat 48 kategori yang akan diperebutkan. Mulai dari musik Pop, Dangdut sampai Melayu.

Menurut Rudy Ramawy, Direktur Program RCTI, kategori yang diperebutkan tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.
"Semua diseleksi secara ketat. Kami memilih tema mahakarya musik Indonesia dengan misi agar tetap optimis menyikapi perjalanan industri musik, sehingga tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ujar Rudy.

Pada setiap kategori terdapat sekitar lima sampai enam calon penerima Piala AMI Awards. Siapa yang akan menang, akan ditentukan oleh anggota Swara (yang punya hak pilih).

Sistem yang dipakai dalam memilih pemenang, kata Tantowi Yahya, tetap mengunakan sistem Academy sebagaimana ajang-ajang sebelumnya.

Sistem academy itu adalah sebuah sistem yang selama ini digunakan oleh NARAS ( National Academy of Recording Arts and Scienes) untuk Grammy Awards. Menurutnya, perhitungan penilaian juga akan dilakukan oleh Lembaga independen, agar kerahasiannya terjaga.(vivanews)