Makanan yang Membuat Tubuh, Pikiran, dan Jiwa Sehat


sehat adalah adalah idaman setiap makhluk hidup di muka bumi ini. Sakit tentu tidak ingin dialami oleh siapa pun. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Agar tubuh, pikiran, dan jiwa menjadi sehat, Anda harus terlebih dahulu mengonsumsi makan yang bervariasi dan seimbang. Ada makanan tertentu yang dapat meningkatkan semangat Anda dan ada juga makanan yang dapat menghilangkan stres Anda. Berikut adalah berbagai makanan sesuai dengan kebutuhan mood Anda hari ini, seperti dilansir Top Santé.

Agar mood merasa lebih baik

Kalkun, telur, makanan berprotein, salad, kol, makanan penutup, produk susu, pisang atau nanas membantu tubuh kita untuk memproduksi hormone serotonin, yaitu hormon yang dapat menenangkan atau memberikan rasa tenang. Ragi bergizi, bibit gandum, ginjal, lentil mengandung Vitamin B6 yang membantu suasana hati menjadi lebih baik dan merelaksasi tubuh.

Membuat mood menjadi senang

Coklat selain enak juga dapat memicu produksi hormon serotonin. Daging, sayuran, keju, tempe, tahu dapat mengisi ulang cadangan hormon dopamine (hormon kesenangan) Anda.

Agar berenergi

Roti, gandum, dan buah kering kaya akan karbohidrat yang menyediakan bahan bakar untuk otak Anda.

Untuk meningkatkan mood dan semangat

Kafein dalam kopi dapat merangsang dan membangkitkan mood. Namun jika berlebihan justru akan membuat Anda marah-marah dan tidak bisa tidur. Theobromine pada kakao atau cokelat juga dapat meningkatkan aktivitas norepinefrin, yaitu hormon yang dapat memberikan energi secara tiba-tiba ketika stres.

Untuk meningkatkan optimisme Anda

Omega-3 efektif melawan kelelahan fisik maupun mental dan pesimisme. Lebih baik pilih omega-3 yang berasal dari makanan laut seperti ikan makarel, herring, salmon dan tuna. Omega-3 juga terkandung dalam minyak lobak, kacang, kedelai.

Untuk mengatasi stres

Untuk mengatasi stres, konsumsilah makanan yang benyak mengandung magnesium seperti air mineral, kakao, kedelai, almond, hazelnut, walnut, lentil, dan lain-lain. (ina)

sumber