Menghidupkan Komputer Jarak Jauh melalui LAN

Matikan komputer jarak jauh, wake on LAN, mematikan komputer dengan remote
Kali ini kami akan memberikan tips n triks buat anda yaitu menghidupkan komputer jarak jauh melalui LAN. Menghidupkan komputer secara jarak jauh dapat mempersingkat waktu sehingga anda dapat menghemat waktu. 

Mungkin bagi sebagian orang yang menggeluti dunia IT hal ini sudah bisa dikatakan basi, namun kami tertarik untuk membagikan tips n triks ini buat anda yang belum tahu bagaimana cara menghidupkan menghidupkan komputer jarak jauh. Bahkan buat anda yang awan dengan komputerpun dapat melakukan hal ini dengan membaca tips n triks berikut ini. Langsung saja silahkan baca dengan cermat tips n triks menghidupkan komputer jarak jauh dari kami ini.

Menghidupkan komputer jarak jauh tidak semudah mematikan komputer jarak jauh. Dalam melakukan remote komputer agar dapat menghidupkan komputer jarak jauh ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yang paling utama perlu anda perhatikan adalah NIC atau LAN Card serta mainboard yang mendukung fitur WOL (Wake On LAN). WOL merupakan fitur pada LAN Card yang jarang dimanfaatkan oleh pengguna biasa. WOL adalah Teknologi Ethernet standar yang memungkinkan komputer dapat dihidupkan oleh pesan jaringan (network message). Pesan biasanya dikirim oleh program sederhana yang dijalankan pada komputer lain pada jaringan area lokal (LAN). Jika anda terhubung ke sebuah jaringan WIfi, WOL standar tidak dapat diterapkan. Namun WOL dapat dikirim melalui WMM Wireless Extensions Multimedia, atau bisa juga disebut Wake on Wireless LAN (WoWLAN).
 Berikut adalah rincian beberapa hal yang anda butuhkan untuk menghidupkan komputer melalui LAN:
  • Kita membutuhkan sebuah LAN Card atau NIC yang telah mendukung WOL
  • MAC Address (Alamat Fisik) atau IP Address dari NIC yang kita gunakan.
  • Pengaturan Power manajemen atau setingan WOL di BIOS.
  • Aplikasi Fusion WakeUp On LAN atau lainya anda bisa cari di Google.
 Jika persiapan diatas sudah terpenuhi langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama, Lakukan pengaturan BIOS caranya berikut ini:
  • Masuk ke BIOS kemudian pilih Power Management
  • Kemudian lihat pilihan fiture Wake on LAN kamu ganti Enable jika belum
  • Kemudian Save and Exit
Kedua, Nyalakan komputer lalu masuk kepengaturan hardware melalui Device Manager, kemudian pilih Network Adapter>NIC yang digunakan>Double Click>Pilih Tab Advanced. Dalam list tersebut lihat pilihan Wake from Shutdown atau Shutdown Wake Up (Biasanya tiap merk mainboard memiliki istilah berbeda.

Ketiga, Silahkan siapkan aplikasi pendukung Wake on LAN, bisa menggunakan Fusion Wake on LAN yaitu aplikasi gratis yang dapat anda gunakan untuk menghidupkan komputer jarak jauh melalui LAN. Setelah itu kemudian install. Setelah selesai kemudian jalankan.

Terakhir, klik tombol Get MAC. Secara otomatis akan ditampilkan MAC address komputer tujuan. Untuk memulai proses penghidupan, silahkan Klik tombol Turn on PC. Jika tidak terjadi kesalahan, Fusion WOL akan menampilkan pesan kelayar bahwa komputer tujuan telah dihidupkan.

[www.rootdiesomec.com]