China Akan Membuat Bus Yang Menampung 300 Orang

China kembali mencetuskan ide besar untuk mengimbangi perkembangan warganya. Setelah menciptakan kereta api tercepat dan membangun hotel 30 lantai dalam waktu 15 hari, kali ini mereka berencana mengembangkan bus umum dengan kapasitas 300 penumpang.

Bus itu memiliki panjang 24,9 meter dan dinamai Youngman JNP6250G. Sebagai perbandingan, bus umum di Amerika Serikat dilarang memiliki panjang lebih dari 19,5 meter demi alasan keamanan. Sebab, bus dengan panjang lebih dari itu akan membahayakan saat ada di tikungan.

Untuk mengatasi masalah ini, Youngman JNP6250G dibagi menjadi tiga bagian. Antara bagian dihubungkan dengan engsel yang mirip akordeon, persis seperti yang digunakan bus Transjakarta. 

Tiap bus bisa menampung 300 penumpang dan akan diluncurkan pertama kali di Beijing dan Hangzhou. Dua kota ini terpilih karena selalu bermasalah dengan kemacetan lalu lintas yang merembet ke masalah polusi udara.

Solusi transportasi massal dalam jumlah sebesar ini dianggap sebagai langkah tepat. Mengingat China harus mengakomodir mobilitas 1,3 miliar warganya. China sendiri saat ini menjadi kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS dan mencatat pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

[natgeo]