Pola Makan Sehat, Usir Penyakit


Hampir setiap penyakit berkaitan dengan masalah nutrisi. Dengan kata lain, jika seseorang menjalani pola makan sehat dan tepat, maka penyakit pun enggan menghampiri.

Ahli penyakit dalam dari FKUI, Dr Edy Rizal Wahyudi, SpPD menyontohkan bahwa kanker bisa muncul pada orang yang tidak merokok. Setelah ditelaah, ternyata pola makannya tidak sehat. Misalnya kurang asupan antioksidan, serat, dan vitamin.

”Percaya atau tidak, tapi asupan yang dimakan tiap hari bisa menjadi bumerang bagi tubuh. Kalau salah makan, bisa berubah jadi bibit penyakit atau malah mencetuskan bibit penyakit yang sudah ada dalam tubuh,” ucap Edy.

Edy menyebutkan, pasien seringkali berdalih bahwa kanker atau kegemukan dipengaruhi oleh gen. Padahal faktor genetik hanya memengaruhi 30 persen saja. Sisanya dipengaruhi oleh gaya hidup, termasuk pola makan.

”Bahkan kalau orang tersebut punya gaya hidup yang sehat, faktor genetik pencetus kanker bisa ditekan hingga tidak menyebabkan kanker,” papar Edy.

Edy berpesan agar masyarakat mulai memperhatikan apa saja yang dimakan. Terutama soal rasa dan kesehatan. Sebab yang enak di mulut belum tentu sehat di badan.