Tinggi Pohon Nanas Ini Melebihi Manusia


Tinggi tanaman nanas umumnya hanya mencapai batas kaki orang dewasa. Namun ternyata ada nanas yang tingginya melebihi manusia, seperti di kebun nanas milik almarhum Arpa'i (65), di Dusun Kelubi Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Tinggi pohon nanas ini lebih tinggi dari Fendi (40), anak almarhum Arpa'i. Diperkirakan tinggi pohon nanas ini sudah mencapai diatas dua meter. Nanas jenis gelagor sebutan warga setempat ini, sudah berumur sekitar sembilan bulan, dalam kondisi sedang berbuah.

"Sudah berbuah, tapi buahnya masih muda. Mungkin sekitar satu bulan lagi sudah matang buah nanas ini," ungkap Fendi kepada bangkapos.com, Minggu (22/5/2011).

Keberadaan pohon nanas yang memiliki ketinggian melebihi manusia ini, berada diantara tanaman nanas lainnya yang sengaja ditanam oleh orang tua Fendi, di kebun yang letaknya sekitar 100 meter dari tempat kediamannya.

Pohon nanas tersebut ditanam bersamaan dengan tanaman nanas lainnya, yang sudah sempat dua kali dipanen. Sedangkan pohon nanas yang tinggi ini, belum sekalipun dipanen dan baru pertama kali mulai berbuah.

"Orang tua yang nanam nanas ini, bibitnya ngambil di kebun inilah. Orang tua berkebun nanas, jadi kalau panen buah nanas, bagian ujung buah nanas yang sudah masak, ditanam lagi," tutur Fendi.

Di sekitar kebun ada juga tanaman nanas yang sejenis, namun masih pendek dan batang masih menjalar diatas permukaan tanah, belum dipasang kayu untuk penyangga.

Bentuk daun dari pohon nanas ini selain tebal, seperti tanaman nanas lainnya. Namun pada bagian pinggir daun tidak terdapat duri, hanya ada duri di sekitar bagian ujung daun.

Fendi belum mengetahui hendak diapakan, buah nanas dari pohon nanas ini bila sudah matang nanti. Bentuk buahnya pun lebih besar dari buah nanas biasanya.