Robot Unikom Bandung Kalahkan Israel, Amerika & China


Kata hebat saja rasanya tidak cukup mewakili pengakuan kita terhadap karya anak bangsa ini. Tidak main-main Negara-negara seperti Israel, Amerika Serikat dan China mereka libas habis dalam pertandingan Robowaiter Trinity Cllege dan Robogames. Ditengah-tengah hiruk pikuk dalam negeri yang semrawut, mereka mengharumkan pertiwi ini di luar negeri, Robot Unikom Bandung kalahkan Israel, Amerika, & China.

Seperti yang dilansir okezone.com lima robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung berhasil menjuarai kompetisi robot internasional dalam pertandingan Robowaiter Trinity College dan Robogames 2011.

Lomba dilakukan 9 April 2011 di Gedung Oosting Gym, Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Ada tiga kategori lomba yang berhasil dijuarai tim robot Unikom, yakni kategori RoboWaiter Entry Level. Di kategori ini robot harus pandai-pandai melayani kebutuhan makanan manusia. Kategori ini diikuti 17 tim dari enpat negara, dua di antaranya dari Unikom (Indonesia), empat tim dari Israel, satu tim dari China, dan 10 tim dari Amerika Serikat.

Dalam kategori ini, tim robot Unikom menyabet juara satu dan dua, yakni RoboWaiter Advanced Root DU99 RWS-4 dan RoboWaiter Entry Level Robot DU99 RWS.

Tim robot Unikom juga juara di kategori RoboWaiter Advanced, yakni RoboWaiter Advanced Robot DU99 RWE. Kategori ini diikuti empat tim dari empat negara, yakni satu dari Indonesia, satu dari Israel, satu dari Canada, dan satu dari Amerika Serikat.

Sementara dalam kompetisi Robogames di San Mateo County Event Center San Mateo California AS, tim robot Unikom mengirimkan tujuh robot. Dua robot meraih medali emas, yakni Robot DU 114 V 11 dalam Open Fire Fighting Autonomous dan Robot DU 112 SE dalam Open Ribbon Climber Autonomous.

Ketua tim Robot Unikom Yusrila Kerlooza menyebutkan, tim yang berangkat ke AS terdiri dari empat orang. Selain Yusrila, juga dosen pembina Taufiq N Nizar, dan dua anggota tim yakni Ridyan Ardiyan dan Heri Saffarudin Ariyani. "Kita bawa 10 robot untuk dilombakan di tijih kategori yang ada. Dan alhamdulillah kita dapat lima kemenangan," ungkap Yusrila, saat konferensi press di Unikom Bandung, Jawa Barat, Senin (25/4/2011).

Dalam jumpa pers juga dihadiri anggota tim yang tidak berangkat, mereka adalah mahasiswa dan alumni Unikom yakni M Bayu Nurzaman, Anton Ade Purnama, Asrul Rizal, Didit Andri Jatmiko, Giri Laya Bahari, Rifki Hamdi, Sendy Tia Prayoga, Ken Kinanti, Ali Mubarokah, Rosi Hartono.