Pilot Afghanistan "Bunuh" 6 Pasukan NATO

Enam pasukan North Atlantic Treaty Organization (NATO) tewas saat seorang pilot Afghanistan mengamuk dan melepaskan tembakan. Insiden ini terjadi saat pilot tersebut terlibat perdebatan.

Kejadian tersebut berlangsung di sebuah fasilitas yang digunakan oleh Angkatan Udara Afghanistan. Enam orang prajurit asing dipastikan tewas dalam peristiwa ini. Pilot itu sendiri tewas dalam kejadian tersebut.

"Dapat kami konfirmasikan terjadi baku tembak dalam insiden ini," ungkap juru bicara pasukan keamanan NATO (ISAF) Mayor Tim James seperti dikutip BBC, Rabu (27/4/2011).

Mayor James mengatakan peristiwa penembakan tersebut sudah selesai. Pihaknya pun mengaku tidak mengetahu secara pasti penyebab dari insiden berdarah tersebut.

Kewarganegaraan pasukan asing yang tewas ini tidak diketahui. Serangan ini menambah panjang pasukan asing yang tewas akibat terlibat insiden dengan pasukan Afghanistan. Seorang saksi menceritakan suara sirine terdengar kencang saat kejadian terjadi.

Meski jelas yang melakukan penembakan itu adalah pilot Afghanistan, kelompok militan Taliban justru mengakui perbuatan itu dilakukan oleh kelompoknya. Pihak berwenang sendiri tidak menjelaskan apakah ada keterlibatan Taliban dalam kejadian tersebut.