Cara Mempersiapkan Diri dalam Menghadapi Ujian Nasional


1.Mental

siapkan mental kamuSecerdas apapun kamu, jika memiliki sikap mental yang negatif pasti sulit buatkamu meraih yang namanya sukses. Misalnya, sebut saja Alfredo. Dia sebenarnya pintar,tapi mudah panik. Pernah ia menghadapi lembar-lembar tes, sebenarnya asal sabar sedikit saja, ia bisa menyelesaikan soal-soal. Tatapi, melihat temannya satu persatukeluar kelas, pikirannya Jadi kacau balau.Diantara sikap mental negatif yang lain adalah: minder, gampang panik, tidak sabar dan menyerah sebelum bertanding alias putus asa. Ada istilah sebagai berikut “Yah,ngapain capek-capek belajar, emang gue bodoh bin idiot. Nggak lulus, bukan berartikiamat kan?” Kalau kamu udah kepikiran seperti itu, tanpa ujianpun, 99,9% kamu udahdijamin nggak lulus. Nah, bangunlah sikap percaya dirimu, yakin kamu pasti akan lulus.Jika kamu berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukanhanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa kamu capai

2.Motivasi Diri Sendiri

Rajin memotivasi diri.Motivasi yang paling baik sebenarnya justru yang berasal dari kamu sendiri.Bermimpilah setinggi mungkin. Berawal dari mimpi itulah kamu akan terdorong untuk mewujudkannya. Tulislah mimpimu besar-besar kalau perlu tempel agar setiap kamumelihatnya, hatimu kan bergetar.Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi dan misi. Visi adalah apa yang kamuinginkan terjadi pada dirimu dimasa yang akan datang. Sedangkan misi adalah apa-apayang harus kamu lakukan buat mewujudkan mimpi-mimpi besarmu itu.

3.Target

Menetapkan target.Dengan target kamu akan bekerja dengan penuh semangat. Target juga alat yangefektif untuk mengusir rasa malas, bosan, jenuh dan pemikirian Negatif lainnya. Akantetapi, target haruslah realistis. Misalnya, kamu kurang suka sama matematika, janganmemberi target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut.Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang Kamu miliki.

4.Hindari dan Kurangi

kebiasaan tidak produktif.Kepingin sukses kan ujian? Tiada kesuksesan tanpa perjuangan dan tiada perjuangantanpa pengorbanan. Salah satunya rela mengorbankan kebiasaan-kebiasaan yang tidak produktif yang semuanya membuang-buang waktu dan stamina. Jadi, jika kamu senangbanget nonton TV, nongkrong di playstation, dll, sebaiknya saat menjelang ujian, hindaridulu dech....

5.Waktu

Sediakan waktu yang cukup untuk belajar Semakin kamu serius belajar, rasa bahwa kamu belum tahu apa-apa ternyata semakinbesar. Banyak hal yang menarik jika kamu benar-benar memahami sebuah permasalahan.Belajar jadi terasa mengasyikkan. Malah jadi satu hobi yang menyenangkan.