Tips Agar Uian Nasional Lancar


Ujian Nasional tahun pelajaran 2010/2011 untuk jejang Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan diselenggarakan besok 18-21 April 2011.

Sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsnawiyah (MTS) akan digelar 25-28 April 2011 mendatang.

Nah bagi kamu yang akan menjalankan ujian tersebut, ada kisi-kisi bebas contekan dalam menghadapi soal ujian yang bisa membuat stres.

1. Belajarlah materi ujian yang akan kamu hadapi, agar kamu mampu merekam segala materi pelajaran yang pernah kamu dapat, baik melalui tryout maupun materi reguler yang biasa didapatkan.

2. Persipakanlah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, penghapus, penggaris, dan lain-lainnya agar semua bisa tidak klabakan.

3. Istirahatlan dengan cukup, kondisi ini akan membawa pikiran lebih tenang dalam menghadapi soal-soal ujian nasional. Jangan lupa berdoalah kepada sang pencipta agar dimudahkan dalam mengerjakan soal ujian.

4. Berangkatlah lebih awal ke sekolah, agar kamu tidak terburu-buru dan juga lebih tenang saat mengerjakan soal ujian.

5. Percaya diri terhadap diri sendiri, ini menjadi modal dasar kamu mengerjakan soal ujian, sebab dalam mengerjakan materi ujian kamu tidak diperbolehkan menyontek. Selain itu, modal percaya diri adalah bagian penting dari kesuksesan.

7. Baca dan telitilah terhadap SOAL dan JAWABAN, sebab jawaban kadang hampir sama semua.

8. Jangan langsung diisi full jawaban dikertas yang kamu pegang, berilah tanda (koma atau titik) saja, sebab ini memudahkan kamu dalam menghapus jika jawaban terjadi kesalahan.

9. Preview lagi terhadap soal-soal yang sudah kamu jawab, telitilah kembali sebelum mengisi lembar jawaban dan kondisi ini jangan terlalu tergesa-gesa.

10. Jika kamu sudah merasa benar, maka kumpulkanlah jawaban kamu kepada pengawas. Sekian kisi-kisi tips ini, Semoga Kamu Suskes dan Lulus UN .