Sai Baba "Pernah Dianggap Dajjal dari Khurasan" Meninggal Dunia


Tokoh spiritual dari India, Sri Sathya Sai Baba (86) yang dipuja-puja jutaan pengikutnya sebagai manusia setengah dewa, meninggal dunia di Rumah Sakit Puttaparthi, negara bagian Andra Pradesh, India. Minggu.

Sai Baba dirawat di rumah sakit tersebut sejak sebulan lalu, dan meninggal karena kegagalan beberapa organ tubuhnya, seperti dilaporkan Reuters.

Pengikutnya diperkirakan mencapai enam juta orang terdiri dari berbagai kalangan, mulai tokoh politik India, pengusaha terkemuka hingga para artis Bollywood.

Sai Baba, yang selalu tampil dengan rambut keritingnya yang khas dan balutan jubah berwarna kunyit, menjalankan fasilitas kesehatan dan pendidikan di seantero India, termasuk rumah sakit dan klinik.

Menurut jutaan orang di dunia yang mempercayainya, seperti dikutip dari laman BBC, Baba memiliki kekuatan supranatural seperti menyulap benda, mengetahui kisah kehidupan orang di masa lalu, mengobati penyakit mematikan, bahkan menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

Lahir tanggal 23 November 1926 di Puttaparti, nama asli Sai Baba adalah Sathyanarayana Raju. Penganutnya mempercayai klaim Sai Baba yang menyebut dirinya merupakan reinkarnasi dari orang suci Hindu terdahulu, Sai Baba dari Shirdi yang meninggal dunia tahun 1918. Dia mengumumkan reinkarnasi ini di usia 14 tahun. Sejak itu dia kebanjiran pengikut.
sumber