Benarkah Paul Ceglia Pemilik Sah Facebook?


Paul Ceglia
Perebutan siapa sebenarnya pemilik Facebook terus mengemuka dan kasus ini sepertinya tak pernah akan berhenti. Kini, Facebook, situs jejaring sosial terpopuler di jagad maya ini harus menghadapi tuntutan hukum untuk kedua kalinya dari Paul Ceglia.

Dilansir FoxNews, Ceglia mengaku menyewa Mark Zuckerberg di Craiglist di tahun 2003. Ia mengaku menanamkan modal sebesar 1.000 dollar AS (Rp 9 juta) saat itu dan membuatnya mengaku mengantongi saham 50 persen dan kini meningkat menjadi 84 persen.

Ceglia menggugat Zuckerberg di tahun lalu. Ia kemudian kembali dengan firma hukum yang baru dan mengaku memiliki kumpulan email yang dikatakannya berpotensi untuk menghancurkan Zuckerberg.

"Saya minta maaf karena telah bertingkah laku buruk. Tolong berikan alamat Anda dan saya akan mengirimkan uang sebesar 2.000 dollar AS (Rp 18 juta) atas kerugian Anda. Semoga ini bisa memperbaiki hubungan bisnis kita berdua," demikian isi bunyi email yang konon dikirimkan Zuckerberg ke Ceglia pada Juli tahun 2004 silam.

Yang paling mengundang intrik adalah selain menyewa jasa firma hukum ternama, Ceglia juga mengklaim memiliki koleksi email antara dirinya dan Zuckerberg dari Juli 2003-Juli 2004. Pada tahun inilah Facebook dibuat dan jika email ini benar maka ada kemungkinan Ceglia akan memenangkan kasus ini.
sumber